Skip to content
Home » Tips Otomotif » Pentingnya Fungsi Kopling pada Mobil sebagai Penghubung Transmisi dan Mesin

Pentingnya Fungsi Kopling pada Mobil sebagai Penghubung Transmisi dan Mesin

Pentingnya Fungsi Kopling pada Mobil sebagai Penghubung Transmisi dan Mesin

Mengenal Fungsi Kopling pada Mobil

Kopling merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan transmisi. Fungsi kopling adalah untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga dari mesin ke transmisi. Kopling bisa diartikan sebagai sebuah saklar yang menghubungkan dan memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi.

Cara Kerja Kopling pada Mobil

Ketika pedal kopling ditekan, maka terjadi pemutusan hubungan antara mesin dan roda. Hal ini terjadi karena putaran mesin dan roda terpisah karena kopling yang sedang terbuka. Namun ketika pedal kopling dilepaskan, tenaga dari mesin pun bisa disalurkan ke transmisi dan roda.

Kopling bekerja dengan menggunakan cakram kopling. Cakram kopling bekerja dengan cara menerapkan tekanan dari sistem hidrolik atau sistem kabel yang menyebabkan cakram kopling menekan plat kopling. Plat kopling kemudian akan menekan cakram kopling sehingga menghasilkan gesekan yang diperlukan untuk menghentikan aliran tenaga dari mesin ke transmisi.

Pentingnya Perawatan Kopling pada Mobil

Kopling pada mobil membutuhkan perawatan yang baik agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pedal kopling agar tidak sering dipakai secara berlebihan karena hal itu bisa mempercepat ausnya plat kopling. Selain itu, juga hindari terlalu lama menginjak pedal kopling pada saat berkendara karena bisa membuat beban pada komponen kopling.

Ketika kopling pada mobil mulai terasa slip atau gesekannya sudah tidak sekuat dulu, maka waktunya untuk melakukan perawatan atau bahkan penggantian kopling. Jangan sampai kopling yang sudah mulai aus dibiarkan terus digunakan karena bisa berakibat fatal pada mobil, seperti kerusakan pada transmisi atau mesin.

BACA JUGA:   Mobil Matic Mogok Bisa Didorong, Kenali Penyebabnya

Keuntungan Menggunakan Kopling yang Baik

Menggunakan kopling yang baik dan berfungsi dengan baik memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:

  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Mengurangi keausan pada mesin dan transmisi
  • Meningkatkan kenyamanan berkendara
  • Menghindari kerusakan yang fatal pada mobil

Kesimpulan

Kopling merupakan bagian penting pada mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan transmisi. Kopling harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Penggunaan kopling yang baik dan berfungsi dengan baik memberikan beberapa keuntungan seperti meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi keausan pada mesin dan transmisi, meningkatkan kenyamanan berkendara, dan menghindari kerusakan yang fatal pada mobil. Oleh karena itu, pastikan kopling pada mobil selalu dalam kondisi yang baik dan sesuai standar.